Saturday, March 13, 2010

Cara Memasang Infus pada Printer HP D2566

disuatu sore . . .
kaya' cerita anak2 aja.. haha..
Printerku tintanya abis, terus aku refill sendiri. Tiba - tiba, keempat warnanya ga bisa keluar. Waduh, pusing gue. Tanpa pikir panjang langsung aja aku rendem pake air hangat, sebenernya sayang sih, baru sebulan ni printer udah aku rendem head cartridgenya. Abis aku rendem ternyata tintanya udah keluar, tapi yang merah belom. udah 3 hari warna merah belum juga nongol, akhirnya hari keempat udah keluar :) , tapi kualitas print nya masih garis2 gitu, jelek dah.
Nah, aku kasih tau solusinya misal anda mengalami hal serupa dgn saya. Cobalah ganti merk tinta, mungkin aja katridmu ga cocok sama tinta yang kamu pake sekarang. Tiap merk tinta beda kekentalannya, tinggal mana yang cocok sama printermu, harga juga mempengaruhi lho :D .


Setelah mengalami hal diatas, aku pikir2 masa' tiap ngisi ulang katrid susahnya kaya' gini?? lama2 aku banting ni printer kalo lagi emosi :D :D . Muncullah ide.... tetteretteret... "Menginfus Printer" karena kepingin printernya omriz yang udah diinfus printernya. Ga perlu susah2 ngisi ulang katrid, tangan belepotan, tinta malah ga keluar2 :@ .
Nah ini dia alat dan bahannya :



1. Printer (harus ada lah :D)
2. Tabung Tinta (Ink Tank)
3. Gunting atau silet.
4. Selotip.
5. Bor 

  • Pertama, pastikan kondisi printermu baik, jangan ampe katrid ga keluar tintanya malah kamu infus. Misal kualitas print masih bergaris - garis coba dulu kamu "cleaning" sampe kualitas print sudah top markotop, baru deh kamu mulai pasang infus.


  • Kedua, ambil katrid dari printer, trus lubang pada katrid di bor karena masih terlalu sempit buat karet selangnya (lihat gb.2), kalo udah tinggal masukin karet selang ke lubangnya. Jangan lupa tutup lubang2 lain, karena printerku HP D2566 lubang katridnya ada lima. Supaya katrid nantinya bisa nyedot tinta dari dalem ink tank, maka kondisi katrid harus vacum, artinya tidak ada jalan udara. Kamu bisa tutup lubang itu pake selotip (lihat kartrid hitam) ato pake sumbatan (lihat katrid warna).



  • Ketiga, pasang selang pada katrid. Sebelum dipasang, tinta di selang kan masih di bawah ya, nah biar tinta ada di ujung selang maka disedot pake suntikan, jangan pake mulut, malah minum tinta lu :D .
  • Keempat, buat "jalur" untuk selang tintanya. bisa pake potongan penggaris, ato teserah anda2, gunakan alat seadanya :D . 
  • Terakhir, rapikan selang dengan selotip.


Mudah kan?? kamu ga perlu repot2 lagi buat ngisi tinta printer :).
Hal - hal yang perlu Diperhatikan :
- Kondisi Ink Tank harus sejajar dengan printer. Jangan ditaruh diatas printer, ntar tinta mengalir ke katrid berlebihan dan bikin katrid jadi kebanjiran tinta. Ati - ati.
- Jangan lupa tutup ink tanker harus dibuka ketika dipake ngeprint.
- Ketika printer diinfus, cover dari print pastinya ga bisa tertutup rapat, sehingga printer ga mau ngeprint krna tutup printer masih terbuka. Biasanya muncul status printer "The cover is open". Nah solusinya kamu kasih "ganjel :D" pada indikator penutup printer. (lihat gambar)
- Kalo printer dipake buat ngeprint dokumen yang sangat banyak, misal 100 lembar. Jangan kamu langsung ngeprint 100 lembar sekaligus, kalo bisa 40 lmbr berhenti, trus biar printer istirahat baru dilanjutkan kembali. Karena, katrid yang diinfus dalam kondisi vacum, sehingga kalo terlalu lama dipake head cartridge akan panas dan katrid anda cepat rusak.
- Jangan terlalu sering kamu melakukan “head cleaning” yang biasa terdapat pada toolbox printermu. Karena pada saat di cleaning, head cartridge berada dalam kondisi panas.
- Usahakan printer sering dipake, min 3 lembar seminggu.



NB : USE WITH YOUR OWN RISK!
Penulis tidak bertanggung jawab dengan kerusakan printer anda.


17 Comments:

EB said...

Joss gan,, sangat bermanfaat artikelipun. Printer Saya juga garis-garis

Fatkhan said...

oke brooo...

vmgamer said...

printer HP ku yo lg sowakkkk

bagudung said...

Maaf mas, mau tanya.. Lubang yang harus diisi pada cartridge warna yang mana ? Kan ada lima lubang, trus mana lubang untuk mengisi tinta. Saya juga mengalami hal seperti yang mas alami, saya baru beli HP D2566 3bulan yang lalu. Print kertas 40 halaman, tinta hitam langsung habis. Saya isi pake tinta dataprint DP27, tapi tinta gak keluar. Ada solusi gak, untuk mengatasi hal ini ? Trus beberapa minggu yang lalu, tinta warna hbs. Saya buka cover cartridge, ternyata lubangnya ada 5. Bingung ?? Terima kasih.

Fatkhan said...

@ bose 1 : hahaha tku anyar bos
@ bagudung : yang paling kiri warna merah, yang tengah atas warna kuning, yang kanan warna biru. makasih komennya ya...

Fatkhan said...

oiya, untuk tinta aku pake e-print lancar aja gan... kalo tintanya ga keluar, coba diisi ampe penuh trus direndam pake air hangat 1-2 menit aja. slamat mencoba

bagudung said...

Maaf mas, saya blm ngerti tentang lubang yg harus diisi tinta. Kan di bawah ada dua lubang, yg diisi 2 lubang ditengah atau 2 lubang paling bawah ?? Trus untuk merendam cartridge, direndam dalam air sampai seluruh cartridge terendam atau gmn ? Apa gk menggangu komponen2 kelistrikannya jika direndam seluruhnya. Terima kasih atas informasinya..

Fatkhan said...

sebenarnya 2 lubang di bawah dan 2 lubang di tengah itu sama aja gan,, terserah mau diisi yg mana. intinya yang sebelah kiri (2 lubang) itu merah, yang kanan (2 lubang) itu biru, yang paling atas itu kuning.
untuk merendam katrid, kira2 yg terendam cuma setengah cm, di bagian samping itu kan ada komponen2 yg berwarna kuning keemasan kalo bisa jgn sampe kena air. waktu merendam ga perlu lama2, 1-2 menit aja dah cukup, yg penting endapan tintanya udah keluar. gud luck bro

Anonymous said...

wah mantab gan artiketlnya......ijin coba deh...

Fatkhan said...

silahkan dicoba broo..

bagudung said...

Wah, makasih banyak mas atas infonya. Ntar kalo ada yg kurang ngerti, aku blh tanya2 lg kan...

Fatkhan said...

oke sama sama, boleh aja bro silahkan...

Anonymous said...

Mas. sy memasukan tinta d lobang yang salah. cara untuk menormalkan kemblai catrid nya gimana mas. thanks

Fatkhan said...

wah kalo itu harus disedot dulu bro, trus dibersihkan pake head cleaner.
saran saya dibawa ke servis printer aja karena susah kalo ditangani sendiri.

Anonymous said...

Mas Setelah Saya Isi Ulang Cartridge Warnanya,
seperti yang mas sebutkan diatas:
sebelah kiri merah, yang kanan biru, yang paling atas kuning. Kenapa saya coba ngeprint, warna kuning gak keluar.
kira- kira masalahnya dimana ya mas...?
mohon bantuannya mas..
Terimakasih...

Anonymous said...

Mas Setelah Saya Isi Ulang Cartridge Warnanya,
seperti yang mas sebutkan diatas:
sebelah kiri merah, yang kanan biru, yang paling atas kuning. Kenapa saya coba ngeprint, warna kuning gak keluar.
kira- kira masalahnya dimana ya mas...?
mohon bantuannya mas..
Terimakasih...

Anonymous said...

trims bos.....apakh ctrid hp...mudah bocor....?

Post a Comment

free counters
There was an error in this gadget

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  ©Fatkhan's Site. Template by Dicas Blogger modified by Fatkhan

@Fatkhan_ (Twitter)